Sebagai komitmen Badan Penjaminan Mutu UII dalam peningkatan kerjasama di bidang implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, maka kami membuka diri untuk kerjasama pelatihan dan penyediaan tenaga ahli atau narasumber melalui program berikut :

1. Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu

Diklat Strategi Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (”Strategi Pengembangan SPM-PT”) untuk para pimpinan perguruan tinggi, waktu pelaksanaan 3 hari, meliputi materi:

  1. Pemahaman Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) berdasar Permendikbud 50 tahun 2014
  2. Pemahaman Standar Nasional PT berdasar Permendikbud 49 tahun 2014
  3. Manajemen Strategi Sistem Manajemen Mutu yang mengintregrasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi,
  4. Strategi Implementasi “Quality Action Plan” dalam membangun Sistem Manajemen Mutu Perguruan Tinggi
  5. Pemahaman dan Intepretasi SMM ISO 9004:2005, ISO 9001:2008 dan IWA 2:2007 sebagai Panduan Implementasi SMM ISO 9000 di Penguruan Tinggi,
  6. Panduan Implementasi Clausul Standart SMM ISO 9001 2008 dan IWA 2:2007 sesuai dengan Struktur dan Jabatan di Perguruan Tinggi,
  7. Peran dan fungsi Rapat Tinjauan Manajemen (Management Review) dalam sistem penjaminan mutu.

Keluaran:

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada para pimpinan perguruan tinggi sehingga memiliki komitmen dan pemahaman tentang sistem manajemen strategik mengembangkan dan membangun sistem penjaminan mutu di perguruan tingginya.

Diklat Pengelolaan Unit Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (”Pengelolaan Unit SPM-PT”) untuk direktur/kepala/ketua/pengelola  unit penjaminan mutu di lingkungan perguruan tinggi, waktu pelaksanaan 2 hari, meliputi materi :

  1. Manajemen Organisasi Unit Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi
  2. Identifikasi dan Pemetaan Proses Kegiatan di Organisasi Perguruan Tinggi untuk Memenuhi Standar ISO 9001:2008
  3. Manajemen Audit Mutu dan Monev Internal
  4. Manajemen Implementasi Sistem Manajemen Mutu di Perguruan Tinggi

Keluaran :

Diklat ini bertujuan memberi pemahaman dan pembekalan sehingga memiliki kompetensi yang handal dalam mengawal implementasi sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi.

Diklat Penyusunan Perangkat Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (”Penyusunan Perangkat SPM-PT”) untuk pimpinan/pengelola unit penjaminan mutu dan pimpinan unit pelaksana operasional di lingkungan perguruan tinggi, waktu pelaksanaan 3 sampai dengan 7 hari, meliputi materi :

  1. Teknik Menyusun Manual Mutu atau Pedoman Mutu
  2. Teknik Menyusun Dokumen Sistem Penjaminan Mutu (Kebijakan Mutu, Sasaran Mutu, Prosedur Mutu, Wewenang dan Tanggungjawab)
  3. Teknik Menyusun Standar Mutu/ Rencana Mutu
  4. Teknik Menyusun Penilaian Kinerja Dosen dan Kinerja Karyawan,
  5. Teknik Menyusun Penilaian Kepuasan Stakeholders

Keluaran :

Diklat ini bertujuan memberi pemahaman dan pembekalan ketrampilan teknis dalam menyusun perangkat sistem penjaminan mutu yang handal sehingga mampu menjadi kader-kader gugus mutu yang tangguh dan berkompeten di bidang sistem penjaminan mutu.

Diklat Implementasi dan Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (“Implementasi dan Evaluasi SPM-PT) untuk pimpinan/pengelola unit penjaminan mutu dan pimpinan unit pelaksana operasional di lingkungan perguruan tinggi, waktu pelaksanaan 3 hari, meliputi materi :

  1. Strategi implementasi monitoring dan evaluasi Dokumen Sistem Penjaminan Mutu (Kebijakan Mutu, Sasaran Mutu, Prosedur Mutu, Wewenang dan Tanggungjawab)
  2. Strategi implementasi monitoring dan evaluasi Standar Mutu/Rencana Mutu
  3. Strategi implementasi monitoring dan evaluasi Penilaian Kinerja Dosen dan Kinerja Karyawan,
  4. Strategi implementasi monitoring dan evaluasi Penilaian Kepuasan Stakeholders

Keluaran :

Diklat ini bertujuan memberi kemampuan dalam implementasi, monitoring, pengukuran dan evaluasi serta tindak lanjut berkaitan dengan  Sistem Penjaminan Mutu kepada  pimpinan/pengelola  unit penjaminan mutu dan pimpinan unit pelaksana operasional di lingkungan perguruan

Diklat Teknik Audit Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (“Teknik Audit SPM-PT”) untuk para calon auditor/reviewer dan auditor/reviewer, 3 hari meliputi materi :

  1. Pengenalan Sistem Penjaminan Mutu
  2. Manajemen Penyelenggaraan Audit Mutu Internal
  3. Audit Mutu Internal menurut ISO 19011:2002
  4. Panduan Pelaksanaan Audit Mutu Internal dan Etika Auditor
  5. Teknik Audit Mutu Internal (Menyusun Pertanyaan dan Strategi Audit)
  6. Penyusunan Laporan Hasil Audit
  7. Praktik Audit Mutu Internal

Keluaran :

Diklat ini bertujuan memberi pemahaman dan pembekalan calon atau auditor/reviewer tentang konsep dan kemampuan praktik bagi para calon auditor/reviewer dan auditor/reviewer sehingga mampu menjadi auditor/reviewer yang kompeten dan handal menguasai teknik dan metode audit mutu internal untuk sistem penjaminan mutu di perguruan tinggi.

Diklat Pengelolaan Dokumentasi SPM-PT (soft copy dan hard copy) untuk pimpinan/pengelola unit penjaminan mutu dan pimpinan unit pelaksana operasional di lingkungan perguruan tinggi, waktu pelaksanaan 2 hari, meliputi materi :

  1. Sistem Kearsipan
  2. Pengelolaan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu
  3. Daftar Dokumen Mutu

Keluaran :

Diklat ini bertujuan untuk memberi kemampuan dalam pengelolaan dokumen yang berkaitan dengan  Sistem Penjaminan Mutu kepada  pimpinan/pengelola  unit penjaminan mutu dan pimpinan unit pelaksana operasional di lingkungan Perguruan Tinggi.

Fasilitas Peserta untuk Program Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu

  1. Ruang Pelatihan kapasitas 12 orang
  2. Coffe Break dan Makan siang
  3. Modul Standar dilengkapi contoh dan lembar kerja praktek serta CD
  4. Narasumber yang kompeten bidang Penjaminan Mutu Pendidikan
  5. Sertifikat

2. Penyediaan Tenaga Ahli dan Narasumber

Badan Penjaminan Mutu juga bersedia untuk diminta sebagai narasumber dalam acara Seminar atau lokakarya tentang Konsep dan Strategi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu di suatu Perguruan Tinggi dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Hari yang disediakan : Senin s.d. Jumat
  2. Akomodasi narasumber ditanggung pengundang
  3. Dikenakan biaya sesuai dengan kesepakatan
  4. Mengajukan Surat Permohonan Sebagai Narasumber ditujukan kepada Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Islam Indonesia dan diterima paling lambat 10  hari sebelum tanggal pelaksanaan kegiatan.

3. Pendampingan

Pendampingan berupa kegiatan implementasi sistem penjaminan mutu dari suatu Perguruan Tinggi dibawah bimbingan BPM-UII melalui penyediaan tim ahli dalam jangka waktu tertentu.

4. Kerjasama lain dalam Sistem Penjamianan Mutu

Kerjasama berupa kesepakatan dalam penyediaan tenaga ahli atau auditor dalam jangka waktu tertentu untuk membantu implementasi sistem penjaminan mutu di sebuah Perguruan Tinggi. Dalam hal ini kerjasama bisa dalam bentuk lokakarya, workshop dan seminar baik diselenggarakan oleh Tim BPM dengan seluruh peserta dari perguruan tinggi mitra atau penyelenggara oleh perguruan tinggi mitra dengan Tim BPM sebagai Narasumber.