Sebagai komitmen Badan Penjaminan Mutu UII dalam peningkatan kerjasama di bidang implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, maka kami membuka diri untuk kerjasama pelatihan dengan skema berikut :

1. Skema A: Sistem Penjaminan Mutu Internal & Dokumen Inti SPM Dikti

Hari Pertama
Jam Materi
08.00 – 08.10 Pembukaan & Perkenalan
08.10 – 10.00 Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti)
10.00 – 12.00 Mekanisme Siklus SPMI Perguruan Tinggi (PT) & Dokumen Inti SPM Dikti
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 14.30 Teknik Penyusunan Dokumen Kebijakan SPM Dikti
14.30 – 16.30 Praktek Penyusunan Dokumen Kebijakan SPM PT
Hari Kedua
Jam Materi
08.00 – 10.00 Teknik Penyusunan Dokumen Manual SPM Dikti
10.00 – 12.00 Teknik Penyusunan Dokumen Standar SPM Dikti
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 14.30 Teknik Penyusunan Dokumen Formulir SPM Dikti
14.30 – 16.30 Praktek Penyusunan Dokumen Standar SPM PT

 

2. Skema B: Penyusunan Dokumen Monev & Audit Mutu Internal Akademik

Hari Pertama
Jam Materi
08.00 – 08.10 Pembukaan & Perkenalan
08.10 – 10.00 Teknik Penyusunan Dokumen Kurikulum Pendidikan Tinggi
10.00 – 12.00 Teknik Penyusunan Dokumen Rencana Mutu Akademik
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 14.30 Teknik Penyusunan Metode Pengukuran Standar Mutu Pembelajaran
14.30 – 16.30 Praktek Penyusunan Dokumen Rencana Mutu Pembelajaran
Hari Kedua
Jam Materi
08.00 – 10.00 Teknik Penyusunan Dokumen Monitoring & Evaluasi Pembelajaran
10.00 – 12.00 Praktek Penyusunan Dokumen Monev Pembelajaran
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 14.30 Teknik Penyusunan Dokumen Audit Mutu Internal (Borang AMI) Akademik
14.30 – 16.30 Praktek Penyusunan Borang AMI Akademik

 

3. Skema C: Pelatihan Calon Auditor*

(*Syarat Peserta: Pernah mengikuti Pelatihan tentang SPM Dikti & Dokumen Inti SPM Dikti)

Hari Pertama
Jam Materi
08.00 – 08.10 Pembukaan & Perkenalan
08.10 – 08.30 Pre test Calon Auditor
08.30 – 10.00 Harmonisasi SPMI dan SPME
10.00 – 12.00 Perencanaan Audit Mutu Internal (AMI)
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 15.00 Teknik Audit & Etika Auditor
15.00 – 16.30 Teknik Penyusunan Laporan AMI Akademik
Hari Kedua
Jam Materi
08.00 – 10.00 Praktek Audit
10.00 – 12.00 Praktek Audit
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 15.00 Praktek Penyusunan Laporan AMI Akademik & Rapat Tinjauan Manajemen
15.00 – 16.30 Post test bagi Calon Auditor

 

4. Skema D: Penyusunan Dokumen Monev & Audit Mutu Internal Non-akademik

Hari Pertama
Jam Materi
08.00 – 08.10 Pembukaan & Perkenalan
08.10 – 10.00 Sistem Penjaminan Mutu Internal Bidang Non-akademik
10.00 – 12.00 Proses Bisinis, Peta Kerja, danTugas Wewenang
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 15.00 Teknik Penyusunan Dokumen Sasaran Mutu Unit Pendukung Akademik
15.00 – 16.30 Praktek Penyusunan Dokumen Sasaran Mutu Non-akademik
Hari Kedua
Jam Materi
08.00 – 10.00 Teknik Penyusunan Dokumen Rencana Mutu Kinerja Unit Non-akademik
10.00 – 12.00 Teknik Penyusunan Dokumen Monitoring & Evaluasi Kinerja Unit Nonakademik
12.00 – 13.00 Sholat, istirahat, dan makan siang
13.00 – 15.00 Teknik Penyusunan Dokumen Audit Mutu Internal (Borang AMI) Nonakademik
15.00 – 16.30 Praktek Penyusunan Dokumen Borang AMI Non-akademik