BPM UII Selenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu untuk STPPM dan Akindo Yogyakarta

AkindoBadan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi pada tanggal 29 hingga 30 September 2015 di Ruang Pelatihan BPM untuk dua institusi perguruan tinggi. Pelatihan tersebut dilaksanakan atas permintaan dari beberapa perguruan tinggi yang kemudian dilaksanakan secara bersamaan. Pelatihan tersebut diikuti oleh Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Yogyakarta dan Akademi Informasi Indonesia Yogyakarta. Dalam pelatihan tersebut disampaikan materi tentang SPM Perguruan Tinggi yang telah mengadopsi peraturan Dikti yang terbaru serta bagaimana peran pengawalan SPM-PT dengan ISO 9001 beserta perangkat dokumentasi pendukungnya.

Menurut Dr. Sefriani selaku Kepala Bidang Pelatihan dan Kerjasama, pelatihan ini adalah salah satu perwujudan dari visi UII yang Rahmatan Lil A’lamin di dalam transfer of knowledge tentang implementasi Sistem Penjmainan Mutu. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut memaparkan materi tentang SPM-PT yang telah diupdate dengan peraturan terbaru serta bagaimana peran pengawalan oleh system manajemen ISO 9001, penyusunan perangkat dokumentasi, penyusunan dan pengukuran perangkan indicator kinerja dan audit mutu internal. Dalam pelatihan tersebut disinggung bagaimana implementasi SPM dengan ISO versi terbaru yakni ISO 9001:2015. Pelatihan tersebut juga dikemas secara berimbang antara konsep dan praktek.

Harapan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah para peserta ketika kembali ke institusinya telah memiliki pengetahuan dan prangkat SPM yang telah disusun melalui praktek untuk dapat diimplementasikan di institusinya. (BS)