Rangkaian pelaksanaan Hibah Program Asuh Menuju Program Studi Unggul Tahun 2017 Universitas Islam Indonesia (UII) yang terdiri dari Lokakarya, Studi Banding, dan Magang telah selesai dilaksanakan. Lokakarya yang dilakukan di universitas mitra diantaranya Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Islam Makassar (UIM) dan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta telah dilakukan pada bulan Juni-Juli 2017. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Studi Banding dan Magang yang dilaksanakan di Kampus Universitas Islam Indonesia pada tanggal 21 – 26 Agustus 2017. Kegiatan Magang tersebut difokuskan pada hal-hal yang berhubungan dengan penyusunan dokumen Sistem Penjaminan Mutu dan dokumen Selft Assessment Report (SAR) dan borang akreditasi prodi.

Penutupan acara diisi dengan menyampaikan pesan, kesan, serta harapan selama kegiatan magang berlangsung. Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Hibah Program Asuh, Kariyam, M.Si selaku Kepala BPM UII. Kariyam, M.Si. mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang telah terjalin antara UII dengan universitas mitra dan menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat hal yang kurang berkenan serta berharap agar hubungan baik yang telah terjalin tidak hanya berhenti sampai program magang, namun tetap berhubungan ataupun saling bertukar pikiran maupun ide dimasa mendatang. “UII dengan universitas mitra adalah saling belajar dan bertukar ide maupun pikiran. Tidak hanya universitas mitra saja yang belajar dari UII, namun UII juga belajar kepada universitas mitra pada aspek atau bidang lainnya”, ungkapnya.

Sementara itu perwakilan Universitas Islam Sumatera Utara, Siti Rahmah Sibuea, M.Si selaku Kepala LPM UISU menyampaikan bahwa UISU mengapresiasi dan berterima kasih kepada UII yang telah memberi kesempatan menjadi mitra di program asuh ini. UISU akan memperkuat komitmen terhadap sistem penjaminan mutu dan apa saja yang didapatkan pada hibah program asuh ini. Siti Rahmah berharap agar hubungan baik terus terjalin, dan UII kedepan masih bisa menjadi mitra yang baik untuk sharing demi kemajuan mutu UISU.

Kesan dan pesan selanjutnya disampaikan oleh Ir. Andi Abdul Rahman Syafar, MP. selaku Kepala LPM UIM. Andi Abdul Rahman menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada UII yang telah menjadikan UIM sebagai salah satu universitas mitra dalam program hibah ini. Selain itu Andi Abdul Rahman juga menyampaikan harapannya agar UIM bisa menjadi universitas Islam yang besar di wilayah timur seperti halnya UII.

Kesan dan pesan terakhir disampaikan oleh Drs. Bambang Sugeng D., MM selaku Kepala Kantor Penjaminan Mutu Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Bambang Sugeng menyampaikan terimakasih kepada UII yang telah menjadikan mitra pada program hibah asuh ini. Dengan berbagai ilmu yang didapat, UP45 akan berencana melakukan pembaruan struktur yang lengkap terlebih dahulu sebelum memulai tindakan yang lebih penting lainnya. Selain itu, Bambang Sugeng juga berharap agar UP45 dapat berkembang maju seperti UII. “Bahwa secara umur universitas sebenarnya UP45 tidak jauh berbeda dengan umur UII, semoga kami bisa menyusul UII, mohon bimbingan lebih lanjut dalam masalah SPMI oleh BPM UII”, tuturnya. (ASK)