UII Terima Studi Banding Dua Perguruan Tinggi tentang Sistem Penjaminan Mutu

IMG_1928Universitas Islam Indonesia tetap menjadi rujukan dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu bagi institusi perguruan tinggi. Pada hari Rabu tanggal 25 November 2015, UII menerima tamu kunjungan dari dua perguruan tinggi sekaligus yakni dari Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa dan Universitas Alma Ata Yogyakarta. Kedua rombongan yang terdiri dari pejabat struktural, perwakilan dosen dan karyawan dari kedua universitas tersebut diterima oleh Wakil Rektor I UII Dr-Eng. Ilya Fajar Maharika, MA, IAI dan Kepala Badan Penjaminan Mutu UII Kariyam, S.Si, M.Si di ruang sidang utama Gedung GBPH Prabuningrat lantai 4.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, kedua perguruan tinggi tamu ingin bertukar wawasan tentang implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi sesuai dengan Permendikbud No 50 tahun 2014. Diungkapkan oleh salah satu ketua rombongan tamu mereka ingin melakukan bechmarking tentang bagaimana UII dalam pengimplementasian standar tersebut.

Digambarkan secara umum oleh Kariyam, M.Si, selaku Kepala BPM UII tentang bagaimana implementasi peraturan tersebut di UII. Parameter-parameter dari SPM Dikti tersebut dikombinasikan dengan parameter-parameter dari Standar UII sendiri, AUN-QA, QA Islamic dan ISO 9001:2008 menjadi standar penjaminan mutu UII yang disingkat dengan nama MERCY OF GOD.  Dalam diskusi tersebut Wakil Rektor I UII juga menambahkan tentang dukungan dan komitmen dari pihak top manajemen perguruan tinggi sangat diperlukan guna tercapainya kesuksesan dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu pada institusi perguruan tinggi. Pertemuan pada siang hari tersebut ditutup dengan penyerahan cindera mata dari ketiga belah pihak perguruan tinggi. (BS)