MODEL SISTEM PENJAMINAN MUTU UII

Sistem Penjaminan Mutu UII merupakan perpaduan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) dengan Pengelolaan Mutu (Quality Management) dan implementasinya didasarkan pada Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPMPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Model Sistem Penjaminan Mutu yang diimplementasikan di UII seperti pada gambar sebagai berikut :

spm_UII_web

SIKLUS IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU

Saat ini seluruh unit kerja di UII yang terdiri dari 195 unit meliputi Rektorat, Direktorat, Badan, Fakultas dan Prodi, Divisi, Departemen, Pusat, Laboratorium, Program Pasca, Diploma, Program Profesi, telah mengimplementasikan SPM. Implementasi SPM merupakan serangkaian aktivitas dan proses meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan tindak lanjut yang membentuk sebuah siklus Plan, Do, Check & Action (PDCA) yang berkelanjutan. Rangkaian aktivitas tersebut digunakan oleh manajemen UII untuk menjamin jasa pendidikan yang dihasilkan telah sesuai standar mutu dan sasaran mutu yang ditetapkan UII serta memenuhi harapan stakeholders. Konsep PDCA digambarkan dalam satu siklus berikut ini :

 siklus_spm_UII

TAHAPAN IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU

Sistem Penjaminan Mutu UII dibangun melalui beberapa tahapan, yaitu penyusunan kelengkapan dokumen sistem mutu, penerapan sistem mutu, evaluasi efektifitas hasil implementasi, peningkatan kinerja dan kepuasan stakeholders. Setiap tahapan dilakukan monitoring, evaluasi, pengukuran dan audit dengan orientasi seperti gambar dibawah ini :

Tahapan Penjaminan Mutu