Tingkatkan Pemahaman Sistem Penjaminan Mutu, BPM Selenggarakan Pelatihan SPM untuk Empat Unit di Lingkungan Rektorat

Foto Pelatihan 4 UnitHari Kamis 26 Februari 2015 bertempat di ruang siding BPM Gedung GBPH Prabuningrat,  BPM melaksanakan  pelatihan implementasi, penyusunan dan pengendalian dokumen system penjaminan mutu untuk empat unit di lingkungan Rektorat. Keempat unit tersebut terdiri dari Direktorat Pemasaran Kerjasama dan Alumni, Direktorat Pengembangan Bakat, Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa, Direktorat Sarana Prasarana dan Badan Sistem Informasi. Pelaksanaan pelatihan ini merupakan respon dari permintaan pelatihan dari unit-unit tersebut. Pelatihan yang dimulai pukul 08.30 wib  tersebut  dipandu oleh Dr. Sefriani, SH, M.Hum, Dra. Indah Susantun, M.Si.  dan Tito Yuwono, ST, M.Sc. dengan format diskusi interaktif.

Pelaksanaan pelatihan untuk unit-unit Direktorat dan Badan ini merupakan salah satu strategi untuk lebih mendekatkan hubungan dengan level unit operasional guna lebih menanamkan kesadaran  implementasi system penjaminan  mutu di tingkat unit.  Dalam diskusi tersebut, masing-masing unit membawa dokumen penjaminan mutu yang dimilikinya sehingga masing-masing perwakilan dapat menyampaikan sejauh mana implementasi dokumen tersebut berikut berbagai macam kendalanya. Dengan demikian BPM dapat mengetahui secara langsung kondisi di lapangan yang nantinya akan menjadi masukan dalam mengawal implementasi SPM di tingkat unit operasional.

Sebagai tambahan materi, juga disampaikan kepada para peserta tentang bagaimana menangani keluhan yang tertuju ke unitnya. Sesi pembahasan tentang penanganan keluhan mendapatkan respon yang paling antusias dari masing-masing peserta sehingga tanya jawab dan diskusi tentang hal tersebut cukup ramai. Dalam diskusi tersebut juga dapat menjaring berbagai macam karakteristik keluhan sehingga hal ini juga memberikan masukan nilai positif bagi BPM sendiri.

Harapan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah adanya peningkatan pemahaman tentang bagaimana implementasi dan pengendalian dokumen SPM serta bagaimana setiap unit mampu mengelola mekanisme penanganan keluhan pelanggan. Harapan lain dari pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan skor Audit Mutu Internal (AMI) untuk masing-masing unit tersebut. Dan kedepan akan direncanakan untuk dapat menyelenggarakan pelatihan dan diskusi SPM bagi unit-unit yang lain secara bergiliran dan terjadwal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *